Popular Post

Posted by : ainul ibnu Khotob Rabu, 12 September 2012





lihat juga : download software tes buta warna

sebenarnya apa sih buta warna itu? 


nah, kita simak dulu penjabaran pak wiki yuk,


id.wikipedia.com 
--------------------------------------------------------
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis.


Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki dan wanita. Seorang wanita terdapat istilah 'pembawa sifat' hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya. Tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tsb menderita buta warna.


Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.
---------------------------------------------------------

klasifikasi buta warna

seringkali masih banyak persepsi yang salah mengenai buta warna.
banyak orang menganggap bahwa semua orang yang buta warna itu tidak dapat membedakan warna dan melihat segala sesuatu berwarna hitam dan putih,
nah, sebenarnya secara garis besar buta warna dibagi menjadi 2 golongan, yakni


1. Trikromasi
Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Jenis buta warna inilah yang sering dialami oleh orang-orang. Ada tiga klasifikasi turunan pada trikomasi:

  • Protanomali, seorang buta warna lemah mengenal merah
  • Deuteromali, warna hijau akan sulit dikenali oleh penderita
  • Trinomali (low blue), kondisi di mana warna biru sulit dikenali penderita.

2. Dikromasi
Yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada. Ada tiga klasifikasi turunan:
Protanopia, sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang
  • Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau
  • Tritanopia, sel kerucut warna biru tidak ditemukan.

3. Monokromasi
Monokromasi sebenarnya sering dianggap sebagai buta warna oleh orang umum. Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.
nah, untuk trikromasi dan dikromasi, sebenarnya sang penderita masih mampu untuk melihat dan membedakan warna, namun akan sulit (bahkan tidak bisa) membedakan warna - warna yang mirip (gradasi tertentu). dan kebanyakan penderita jenis ini tidak menyadari kalau dirinya adalah buta warna.


lalu bagaimana tes untuk buta warna ?
sebenarny ada berbagai cara untuk melakukan tegus buta warna , namun yang paling umum digunakan adalah metoda ishihara , yakni tes dengan bulatan-bulatan warna kecil dengan bentuk, maupun angka di dalamnya.

contoh ishihara :













Leave a Reply

komentar ya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Mohon bantu kami dengan MENG-KLIK IKLAN di dalam blog ini. terima kasih.

- Copyright © Blog ibnu seru - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -