Popular Post

Posted by : blogibnu Sabtu, 30 April 2011


Image : Koran SI.JAKARTA - Tahun ini Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menyediakan 108.535 kursi di perguruan tinggi. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekira 80 ribu kursi.

Ketua Pelaksana SNMPTN Herry Suhardiyanto menjelaskan, jumlah tersebut adalah alokasi kursi dari 60 perguruan tinggi negeri (PTN) peserta SNMPTN 2011.

"Kuota penerimaan mahasiswa baru lewat jalur ujian tulis SNMPTN meningkat karena ada beberapa PTN & program studi baru ikut ambil bagian dalam SNMPTN tahun ini," kata Herry di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akhir pekan ini.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu menambahkan, jalur undangan SNMPTN akan menerima 53.790 mahasiswa baru. Tercatat, 233 ribu calon mahasiswa baru mendaftar melalui jalur undangan.

"Sampai saat ini proses seleksi masih berlangsung. Mereka yang lulus jalur undangan akan kami umumkan pada 18 Mei mendatang," kata Herry mengimbuhkan.

Tahun lalu total pendaftar SNMPTN sekira 450 ribu orang. Dari jumlah tersebut, PTN hanya mampu menampung sekira 80 ribu orang.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendiknas Djoko Santoso menyatakan, selain ikut sertanya beberapa PTN dan prodi baru, meningkatnya kuota SNMPTN tahun ini adalah untuk merealisasikan amanat PP Nomor 66 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.

"PP itu mengamanatkan penerimaan mahasiswa baru lewat seleksi nasional minimal 60 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru yang diterima," ujar Djoko.

Mantan rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menambahkan, PTN juga akan menampung 20 ribu mahasiswa program beasiswa Bidik Misi dari peserta SNMPTN tahun ini. "Jumlah tersebut termasuk peserta jalur undangan," kata Djoko mengimbuhkan. 
(rhs)
sumber : okezone.com

Leave a Reply

komentar ya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Mohon bantu kami dengan MENG-KLIK IKLAN di dalam blog ini. terima kasih.

- Copyright © Blog ibnu seru - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -